Selasa, 20 Agustus 2013

Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan



Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan

Pendidikan kewarganegaraan dinilai penting sebagai pembentuk pribadi masyarakat akan kecintaan terhadap bangsa. Sehingga pengenalan pendidikan kewarganegaraan diberikan sejak dini sampai jalur pendidikan tinggi.
Hal itu sesuai dengan perundang-undangan No. 20 tahun 2003, tentang system pendidikan nasional yang berisi suatu usaha untuk sadar dan terencana agar mewujudkan suatu proses pembelajaran secara aktif dalam mengembangkan potensi  untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,  pengendalian diri, bentuk kepribadian, bentuk kecerdasan, bentuk akhlak yang berguna bagi kepentingan pribadi maupun kepentingan luar serta keterampilan seseorang. Untuk itu, pendidikan kewarganegaraan sangat diperlukan bagi pengembangan kepribadian seseorang.
Karena tujuan utama pendidikan kewarhanegaraan adalah untuk menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap, dan perilaku cinta tanah air yang dibangun dari kebudayaan  bangsa, wawasan nusantara, serta ketahanan nasional dalam diri seorang pelajar sebagai penerus harapan bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar