Selasa, 20 Agustus 2013

Solusi Menemukan Makna Kata dalam Kamus



Menemukan Makna Kata dalam Kamus dengan Membaca Memindai (Scanning)

Membaca memindai (scanning) adalah cara membaca secara sekilas, namun teliti untuk mencari bahan, informasi, data, atau kata yang hendak diketahui maknanya. Membaca memindai dilakukan dengan cara pandangan mata langsung menyisir halaman teks dari atas sampai ke bawah tanpa memperhatikan baris-baris sebelumnya; langsung pada bagian yang dicari. Membaca memindai biasanya digunakan untuk mencari nomor telepon, mencari kata dalam kamus, mencari angka-angka statistik, dan melihat daftar perjalanan kereta api, atau mencari entri pada indeks.
Pada bab ini, kamu akan belajar untuk menemukan kata tertentu dalam kamus dengan cara memindai. Namun sebelumnya, kamu harus...
mengetahui pengertian, kegunaan, dan cara-cara membaca kamus. Kamus adalah buku acuan yang memuat kata dan ungkapan, biasanya disusun menurut abjad, berikut keterangan tentang makna, pemakaian, atau terjemahannya (KBBI, 2001:499) kamus bias digunakan untuk kepentingan ilmiah yang berkenaan dengan bahasa baku. Ditinjau dari isi yang terkandung di dalamnya, kamus dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
1.       Kamus umum, adalah kamus yang memuat kata yang digunakan masyarakat umum, contohnya adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
2.       Kamus istilah, adalah kamus yang memuat istilah-istilah atau kata-kata yang digunakan pada bidang tertentu, contohnya adalah, kamus biologi, kamus linguistic, kamus matematika, kamus geografi, dsb.
Mencari kata dalam kamus dengan cara memindai dengan cara berikut.
1.       Menentukan kata yang akan ditemukan maknanya
2.       Buka halaman dalam kamus yang memuat kata yang dimaksud. Misalnya membuka bagian D untuk Disiplin.
3.       Menyisir halaman tersebut dengan cepat, lalu carilah kata yang dimaksud dengan teliti.
4.       Setelah menemukan kata yang dicari, perhatikan kata tersebut dengan seksama.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar